Minggu, 21 Mei 2023

Public Relation Tools dan Prakteknya

 Public Relation Tools dan Prakteknya

 
Dosen: Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom

Irfan Maulana Al Khairi (03202140131)
Ilmu Komunikasi R3
IBIK-57
 
Halo teman-teman semua pada tulisan kali ini saya mao membahas tentang Public Relation Tools dan Prakteknya judul ini sudah dibahas oleh ibu Serepina dipertemuan Online mata kuliah Cyber PR. Dalam pertemuan kala itu beliau menyampaikan Jenis publisitas apa saja yang bisa digunakan oleh seorang PR untuk menyampaikan Isu atau pun berita kepada masyarakat luas, untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan dibawah ini.
 
 

  Publisitas dan media relations

Apa Itu Publisitas: Definisi, Karakteristik, Jenis & Contoh

Publisitas dan media relations saling terkait dalam upaya memperoleh pemberitaan positif dan membangun hubungan yang baik dengan media. Melalui publisitas yang efektif dan hubungan yang kuat dengan media, organisasi dapat meningkatkan visibilitas, mempengaruhi persepsi publik, dan mencapai tujuan PR mereka. Penting bagi organisasi untuk memahami cara berinteraksi dengan media dengan baik, menyediakan informasi yang berkualitas, dan menjaga hubungan yang saling menguntungkan dengan wartawan dan perusahaan media. Berikut contohnya
 
1. Press Release merupakan kegiatan menulis berita tentang perusahaan untuk media.
2. Press Conference merupakan kegiatan menyampaikan informasi tentang perusahaan dengan secara langsung mengundang perusahaan.
3. Press Tours merupakan kegiatan mengundang wartawan untuk berkunjung ke perusahaan.
4. Press Party merupakan kegiatan menjamu wartawan untuk makan bersama.
5. Press Receptions merupakan kegiatan mengadakan acara khusus pertemuan dengan wartawan.
6.  Media Gathering merupakan kegiatan mengumpulkan media dalam sebuah forum.
 

Special Events 

1. Open house atau company visit adalah kegiatan yang diadakan oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk membuka pintu mereka bagi masyarakat atau tamu undangan untuk berkunjung dan melihat lebih dekat ke dalam kegiatan atau operasional perusahaan tersebut. Memberi peluang kepada public untuk megenal lebih dekat perusahaan dengan berkunjung langsung ke perusahaan
2. Fundraises adalah kegiatan pengumpulan dana atau sumbangan dari orang-orang atau organisasi tertentu untuk mendukung suatu kegiatan atau tujuan tertentu, seperti program sosial, kegiatan amal, atau proyek bisnis.
3. Trade Show adalah acara pameran atau pertunjukan yang diadakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau layanan tertentu kepada pengunjung yang terdiri dari pelaku bisnis, perwakilan perusahaan, dan konsumen potensial. 
4. Awards ceremony adalah acara pemberian penghargaan yang diadakan oleh suatu organisasi atau badan untuk menghormati individu atau kelompok yang telah mencapai prestasi atau kontribusi yang luar biasa dalam suatu bidang atau industri tertentu. 
5. Contest adalah kegiatan atau acara yang diadakan untuk menguji kemampuan dan keterampilan peserta dalam suatu bidang atau disiplin tertentu, dengan memberikan hadiah atau penghargaan kepada peserta yang mencapai prestasi terbaik atau meraih kemenangan dalam perlombaan. Contoh-contoh kegiatan yang termasuk dalam kategori contest antara lain kontes memasak, kontes kecantikan, kontes seni lukis, kontes fotografi, atau kontes olahraga. 
6. Seminar adalah kegiatan yang diadakan untuk membahas topik tertentu yang terkait dengan bidang ilmu, pekerjaan, atau kegiatan lainnya. Seminar biasanya diadakan dalam format diskusi, dengan melibatkan sejumlah ahli atau praktisi yang ahli dalam bidang yang dibahas, serta dihadiri oleh peserta yang ingin memperoleh pengetahuan dan wawasan baru tentang topik tersebut. 
7. Corporate Advertising adalah jenis iklan yang ditujukan untuk mempromosikan citra, merek, atau nilai-nilai perusahaan atau organisasi tertentu, daripada produk atau layanan yang mereka tawarkan. 
8. Newsletter adalah publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh sebuah organisasi, perusahaan, atau individu untuk memberikan informasi terbaru dan terkini tentang topik tertentu kepada pembaca atau pelanggan. Ini adalah media tulisan yang bisa dipergunakan untuk internal maupun eksternal public
9. Speakers Bureua adalah biro khusus juru bicara yang bertugas menyampaikan informasi kepada public
10. Lobbying yaitu melakukan negosiasi baik kepada lembaga pemerintah atau bukan, berkaitan dengan masalah-masalah yang menyangkut kepentingan perusahaan.
11. Charitable contributions adalah sumbangan atau donasi yang diberikan kepada organisasi nirlaba atau amal dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Sumbangan ini dapat berupa uang, barang, jasa, atau aset lainnya. 
12. Thank you notes and letters adalah pesan atau surat yang ditulis untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan, dukungan, atau hadiah yang diterima dari seseorang atau kelompok tertentu. 
13. Audio-visual instrument yaitu kegiatan membuat company profile berbentuk audiovisual dan materi presentasi dihadapan public.
14. Sponsorships yaitu Menjadi sponsor berbagai event di masyarakat, antara lain menjadi sponsor pada acara olahraga
15. Letters of denial yaitu Surat klarifikasi atas sebuah informasi yang tidak benar yang disampaikan ke
media
 
 
Referensi: Serepina Tiur Maida, Materi Pdf PR Tools dan Prakteknya 2023
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar